Skip to content

Profil


 

Wajidi. Dilahirkan di Bulayak Kecamatan Hantakan)  namun dibesarkan di Pagat Kecamatan Batu Benawa, dan seterusnya tercatat Pagat Hulu Sungai Tengah, Barabai, sebagai  tempat kelahiran.wajidi-1Pendidikannya dimulai di SDN Murung B di Bulayak dan SDN Batu Benawa di Pagat lulus 1981, SMPN Pagat tahun 1984, SMAN Barabai tahun 1987, dan PSP Sejarah FKIP Unlam Banjarmasin 1992. Kini ia peneliti Madya bidang Ilmu Sejarah dan Arkeologi pada Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Kalimantan Selatan. Sebelumnya pernah bekerja di Bidang Permuseuman dan Kepurbakalaan Kanwil Depdikbud Provinsi Kalimantan Selatan (1993-2001). Selain peneliti atau penulis, ia seorang pegiat di Dewan Harian Daerah Badan Penerus Pembudayaan Kejuangan 45 (DHD 45) Provinsi Kalsel, dan Lembaga Budaya Banjar (LBB) Kalimantan Selatan.

Selain pernah mempublikasikan tulisannya di Banjarmasin Post, Serambi Ummah, Dinamika Berita, Kalimantan Post, Barito Post, Radar Banjarmasin, Mata Banua, buletin Bandarmasih, buletin Masa Depan, majalah Kebudayaan, jurnal Kandil, jurnal Litbangda, jurnal Kebijakan Pembangunan, jurnal Patanjala, Jurnal Patra Widya, ia juga menulis beberapa buku: Proklamasi Kesetiaan Kepada Republik (Pustaka Banua, 2007; diterbitkan kembali oleh Penerbit Ombak tahun 2015 dengan judul: Revolusi Kemerdekaan di Kalimantan Selatan 1945-1949), Nasionalisme Indonesia di Kalimantan Selatan 1901-1942 (Pustaka Banua, 2007), Glosarium Sejarah Lokal Kalimantan Selatan Periode 1900-1950 (Debut Press, 2008), Mozaik Sejarah dan Kebudayaan Kalimantan Selatan, Sebuah Catatan Ringan (Debut Press, 2008), Artum Artha: Sastrawan, Wartawan, dan Budayawan Kalimantan Selatan (Debut Press, 2008), Akulturasi Budaya Banjar di Banua Halat (Pustaka Book Publisher, 2012), Gerakan Tengkorak Putih Sebuah Kelompok Gerilya di Kalimantan Selatan 1949-1950 (Pustaka Book Publisher, 2012).
Ia juga anggota tim penulis/editor buku: Sejarah Banjar (Balitbangda Kalsel, 2003), Urang Banjar dan Kebudayaannya (Balitbangda Kalsel, 2005), Model Arsitektur Keraton Banjar di Teluk Selong Ulu, Martapura (Pustaka Book Publisher, 2011), Model Arsitektur Keraton Banjar, Pendekatan Model Berdasar Kajian Historis dan Arkeologis (Pustaka Book Publisher, 2011), Muatan Lokal Kebudayaan Banjar (Disbudparpora Kalsel, 2011), Upacara Daur Hidup Masyarakat Suku Banjar di Kalimantan Selatan (STAIN Pontianak Press-BPNB, 2012), salah seorang penulis artikel buku bunga rampai: Merawat Adat, Memaknai Sejarah, Perkembangan dan Peradaban Adat Tradisi Banjar (UPT Taman Budaya-Pustaka Banua, 2013), dan bersama Hendraswati dan Zulfa Jamalie telah menulis dan menerbitkan buku: Peranan Qadhi Abdusshamad Dalam Penyebaran Islam Pada Masyarakat Dayak Bakumpai di Kabupaten Barito Kuala (2014).

Penghargaan lomba karya tulis yang pernah ia terima diantaranya: (1) Pemenang II LKTI Bidang Pendidikan Tingkat Universitas Lambung Mangkurat (dalam tim, 1991); (2) Pemenang II LKT Tingkat Nasional Senimania Republika dari Harian Republika Jakarta 1994; (3) Pemenang II LKT Tingkat Nasional Dwidasawarsa Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dari ibu Tien Soeharto 1995; (4) Pemenang I LKT Peringatan Hari AIDS Internasional Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan 2000; (5) Pemenang II Lomba Penulisan Artikel Tingkat Nasional Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara 2003; (6) Pemenang I Lomba Penulisan Jurnalistik Tingkat Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dari Mendiknas 2005; (7) Pemenang III Lomba Penulisan Kebencanaan tahun 2009 kerjasama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Mapiptek) BPPT. Di tahun 2013 menerima Piagam Penghargaan Anugerah Budaya dari Gubernur Kalimantan Selatan, dan di tahun 2014 menerima Anugerah Astaprana dari Sultan Haji Khairul Saleh Al-Mu’tashim Billah. Alhamdulillah.

Korespondensi dapat melalui surat elektronik: wajidi.amberi@gmail.com, wadjidi@yahoo.com, atau patikalain@gmail.com. Anda juga bisa mengontak saya melalui akun: https://www.facebook.com/wajidi.amberi , twitter: Wajidi Amberi, atau HP 0812 518 1044.

 

47 Komentar leave one →
  1. Juni 11, 2009 4:09 pm

    Wah….pantesan tulisannya “enak” di mata. Tetesan jejaknya cukup mengagumkan.
    Salam Nusantaraku.

  2. Juni 26, 2009 12:09 pm

    Ulun anak nya jamilah ka’i ulun alm sabri (ayah) urang pagat hulu mangiau sidin,ulun kamanakan Drs.Nor’id,ulun sakulah sa’angkatan wan anak pak iyus (arif hidayat ading nya surya) ulun lulusan SECABA thn 2000 rindam bjb,bini ulun urang pasar 1,sdh 9thn dikalbar.Salam ja wan keluarga pian.

    Alhamdulillah…tarukui jua akhirnya juriat ikam. Pak Nor’id tu sapantaran lawan diaku, cuma balain sakulah banarai…Dayat ading Surya wayahini bagana di Tamiyang Layang bininya urang situ pang. Salam jua lah gasan anak bini ikam….mudahan ikam selamat dalam menunaikan tugas negara…dan pabila-bila kawa bulik ka banua…

    • Desember 24, 2012 3:08 am

      Ulun sdh pindah ke kalteng (kuala kapuas), hanyar ingat ulun ada §edikit yg mau ulun sampaikan berhubungan dengan gawian piann, di puncak gunung belakangnya gunung sarigading (pagat) waktu sekolah SD kami rancak naikan kesana disana banyak pecahan2 piring malawin bahkan banyak yg masih utuh/baik dan uang logam cina mungkin yg ditengah2nya mempunyai lobang segi 4 picis jar urang yg manukari ngarannya tapi sayang sudah pada di jual ke pengepul barang2 antik kira2 adalah garis sejarah kehidupan di sana dulunya.

  3. hamiza_n permalink
    Juni 28, 2009 11:50 am

    soalnya aku ngak ngerti opo2…..
    kamu bisa gak ngasitau aku mknanya….
    isteri n ank2 kamu cantik2 sekali..

  4. hamiza_n permalink
    Juni 28, 2009 11:54 am

    aku kagum dgn kamu…pantas aje kamu bagus dlm segi penulisan…ternyata kamu ahli sejarah ya…bagus sekali..teruskan usha kamu ya..

  5. baritobasin permalink
    Juli 12, 2009 1:50 am

    Assalamu alaikum. Saya merasa mendapat kehormatan blog saya yang sederhana ditautkan di sini. Terima kasih.

    Walaikumsalam…menyenangkan sesama adalah bagian dari ibadah…he he he..tks

  6. Juli 21, 2009 11:15 am

    oke kita tukeran link mas. link mu dah ada nih di blog ku….

  7. danummurik permalink
    Juli 27, 2009 9:50 am

    Untuk bikin read more coba klik
    http://afatih.wordpress.com/2007/10/22/cara-buat-read-more-di-wordpress/

    Terimakasih bung Inas karena telah membantu saya…sekarang tampilan blog sudah diperbaharui….dan sekalian izin menaut blog http://danummurik.wordpress.com/ ke blog saya

  8. bakuboi permalink
    Agustus 5, 2009 2:43 am

    Assalamualaikum. Kada dijangka tahaga webside pian. Bah hibat jua urangnya. Tahniahlah..
    Gambar umur anak2 ngintu samakah wan nang dikirimi ka ulun halam?
    Bini ulun kirim salam haja ka bini pian.
    Barilaan.

    Bah hikamam…kaliwaran ma ambung pian tu…ulun ni kadada apa-apanya….masih balajar jua…salam jua gasan pian sakaluargaan di Malaysia

  9. Agustus 21, 2009 11:34 pm

    Assalamulaikum w.b.t,

    Ingin menjejaki katarunan ku.

    Akuk barasal dari Sg. Manik, Malaysia.

    Walaikumsalam. Terima kasih sudah baelang/maniring/manjinguk/menengok blog aku. Aku bersedia membantu jika ingin mencari kulaan di banua Banjar..

  10. Norman Fadh permalink
    November 3, 2009 2:02 am

    Sampen adingnya pak Soefian Amberi lih ? tagagah nang ading pang

    Iya-ai luku

  11. Siti Fatimah Ahmad permalink
    November 22, 2009 4:29 am

    Assalaamu’alaikum

    Salam kenal dan hadir juga untuk memaklumi bahawa laman saudara Wajidi sudah saya addkan ke laman saya di ruang MENUJU DUNIA SAHABAT agar memudahkan jalinan silaturahmi pada masa akan datang. Salam mesra dari Malaysia.

    W.salam. Laman saudari juga saya tautkan ke blog saya.

  12. hasanzainuddin permalink
    Desember 1, 2009 11:04 am

    Wow salut, oke terus berkarya kawan

    selamat bertugas di palangkaraya, semoga sukses di sana

  13. dicky permalink
    Maret 22, 2010 7:07 am

    boss… kalau ada photo bahari boleh minta pang gasan di andak di facebook” Bandjarmasin Tempo Doeloe”

  14. ari permalink
    April 1, 2010 8:19 pm

    ass.wr.wb.
    boleh minta alamatnya koran dinamika berita dan mata banua.sebelumnya trima kasih atas bantuanya.

  15. MUHAMMAD HALIM permalink
    April 14, 2010 5:53 am

    Ungah bangat mambaca tulisan pian, Ulun urang banjar nang lahir di Tanah Deli Sumatera Utara. Juriat ulun ujar paninian tumat Barabai. Naya saran Ulun. Hakunkah pian manulis sejarah migrasi urang Banjar ka Tanah Deli. Sampai wayah ni balum ada kisah Urang Banjar diperantauan. Wassalam gasan kulawarga sabarataan di banua.

    Ayuha hakun banar.Hadangiha lah ulun maulahakan dahulu. Kaina bailang ha pulang, kaluku bacangul tulisannya nang bajudul “Migrasi Orang Banjar ke Pamadaman”. Han tiya taungkai inguh barabainya lih…

  16. Syahranie permalink
    April 20, 2010 1:33 am

    Apakah salah apabila kami mengimpikan pada hal-hal yang telah kami alami sekitar tahun 70an dulu, ketika sungai2 besar dan kecil di dalam kota banjarmasin masih dapat dilalui perahu2 yang menjajakan dagangannya sehingga ibu kami tidak perlu pergi jauh2 dan menambah ongkos angkut ketika berbelanja karena sungai di belakang atau di depan rumah masih dilalui perahu, seperti sungai di Teluk Dalam diwaktu itu mampu dilalui jukung tiung ukuran sedang membawa pasir dan sungai2 lain dimana kami dulunya bisa terjun bebas tanpa takut adanya hal2 yang membahayakan. Sekian orang sudah yang memerintah kota banjarmasin tetapi tidak ada satupun yang perduli dengan keberadaan (kondisi) sungai yang ada. Kalaupun ada sepertinya kandas ditengah jalan (entah tidak ada dananya atau tidak ada “duit”-nya).
    Ingin rasanya kami sepeti dulu tidak perlu jauh2 pergi ke pasar terapung hanya sekedar untuk makan di atas perahu, karena sungai di dalam kota sudah berseliweran perahu2 pedagang bermacam makanan (kasihan mereka tersingkir hanya karena sebuah kebijakan pembangunan kota yang tidak berpihak kepada mereka).

    Impian bapak adalah juga impian saya. Impian kita semua…..Sungai-sungai di Banjarmasin perlu direvitalisasi agar kota “seribu sungai” ini tidak menjadi kota “seribu parit”.

    • Syahranie permalink
      April 20, 2010 6:53 am

      secara tidak sengaja kami membuka sebuah web (lupa namanya) tentang bagaimana sebuah negara maju di Eropa yakni Belanda dapat memelihara sungai2nya dengan baik , Semoga pemimpin Banjarmasin yang akan datang mempunyai komitmen yang kuat terhadap pemeliharaan sungai di daerah ini.

  17. suhadinet permalink
    April 22, 2010 4:27 am

    Bagus sekali blog ini. Senang bisa komunikasi dengan seorang yang penuh prestasi seperti Bapak. Peace!

  18. Syahranie permalink
    Juni 13, 2010 2:28 am

    Tolong pang bung Wajidi tulis, matan pabila gelar gusti itu dipakai oleh bubuhan nang marasa katurunan gusti utamanya nang diam di Martapura atawa Banjarmasin , apakah memang keturunan P.Antasari, P.Hidayatullah atau keturunan Raja2 Banjar secara umum, sebab selama ini kami balum manamuni sejarahwan nang manulis tantang hal ini. Terima kasih.

  19. Juli 9, 2010 6:31 am

    Ari ni ulun hanyar ada kasawatan umpat bahayau ka sia. Bagus blog pian hagan mahubung kulaan di Banua awan di Malaysia. Ulun sambatannya haja orang Banjar, tagal kadada dikatahui bubuhan nang bagana di Banua.

    Amun asa kapingin , ayu haja itihi blog-blog ulun tu….Ada ai lagi nang lain, tagal parayak ah kaluko dihabarkan di sia. Pasal kada pati bakanaan banar napa ( ujar orang anuman wayahni ).

    Barelaan. Salam bubuhan di Malaysia.

    Imbahanu ulun bahayau-ai ka blog pian nitu. Asaan ulun blog pian nitu bagus karna babahasa Banjar. Bagus gasan manahapi bahasa banjar nang mulai rakai….Salam matan ulun di Banua.

  20. Agustus 22, 2010 12:56 pm

    Hallo Mas Majedi…saya juga pernah sekolah di SMAN I Barabai.pd tahun 1984-1985.pada kelas 1,naik kelas 2 pindah ke Amuntai.dan tammat th 1986.Buku sejarah banjar yg anda tim editornya, saya buatkan buku Muloknya.nanti kalau sudah jadi saya mau ketemu anda..mau konsultasi pemakaian hak cipta tim anda. karena akan mau saya tawarkan kesekolah sebagai buku Muatan lokal yang ber KTSP …..kalau bisa kita ketemuan mas….saya tinggal di jl.Benua Anyar Rt.03 no.38.B ( Nis Salon ). dekat Soto SBJ.

    Bisa dibikin Muloknya dengan menyebut/mencantumkan rujukannya pada Daftar Pustaka

  21. Syahranie permalink
    Oktober 26, 2010 8:46 am

    Mudah2an (mungkin) sdr. Wadjidi punya link ke Pihak Museum Bjb, dapat kiranya menyampaikan saran kami ini, yaitu pihak museum dapat menggelar acara seni dan budaya juga pasar kerajinan masyarakat banjar minimal pada masa2 liburan sekolah, untuk seni dan budaya dapat diisi oleh masing2 group seni musik/teather/sanggar dll secara bergiliran sehingga masyarakat terutama para pelajar mendapatkan pengetahuan dan suguhan yg lebih variatif. Dan untuk pasar kerajinan dapat mengangkat ekonomi pengrajin (meniru museum Tenggarong yang sejak lama telah melakonihal tsb). Demikian terima kasih.

    Saran atau harapan bapak akan saya sampaikan kepada rekan-rekan di museum Lambung Mangkurat. semoga terwujud

  22. November 17, 2010 11:33 pm

    Terimakasih di atas kunjungan anda, gembira dapat berkenalan dengan seorang penulis dari Kalimantan. Saya berbesar hati jika anda dapat menegur sekiaranya terdapat tulisan atau bahasa saya yang tidak sempurna di blog saya.
    Salam dari bintangzohra – Singapura

    Terima kasih juga karena anda telah berkunjung ke blog sederhana ini. Semoga silaturahim di antara kita memberikan manfaat. Amin.

  23. November 25, 2010 11:55 am

    Tersanjung sekali, ternyata yang mampir(nyasar) ke blog saya seorang penulis handal dari Kalimantan,,
    Ikut menikmati kota seribu sungai lewat tulisan-tulisannya Pak🙂

    Ah..ada-ada aja. semua sanjungan balik dari mbak kita serahkan untuk Allah Swt saja, ya…

  24. Desember 17, 2010 1:14 pm

    Alhamdulillah…. serasa berada di dunia lain. Terima kasih atas kunjungannya. Jadi malu, blog saya lama terlantar dan hingga kini masih “mati suri”.

    Postingan “Nasionalisme” menandakan blog ibu telah “hidup” kembali. Sekarang blog saya yang “mati suri” 🙂

  25. Januari 18, 2011 12:16 am

    Assalaamualaikum saudara,

    Salam kenal dari Indah. Senang dapat berkenalan dengan seorang penulis aktif seperti saudara. Tulisannya ternyata banyak menyentuh tentang masyarakat setempat yang tentunya memberi informasi yang berguna buat yang berkenaan. Terima kasih sudah ke blog Indah.

    Walaikum salam. Saya pun senang berkenalan dengan Indah…

  26. Februari 7, 2011 6:41 am

    Kunjungan balik. Salam kenal ya Kak. Senang berkenalan dengan seorang yang ‘benar-benar’ penulis🙂

    Terima kasih atas kunjungannya. Kita semua; pemilik atau pengunjung blog adalah juga penulis 🙂

  27. Februari 19, 2011 3:24 am

    salam kenal…

    asa pinandu melihat muha pian, suah meliat di mana lah? hmhmhmhm…

    makasih banar udah meolah blog ini pak lah, betambah pengetahuan ulun tentang banjar jadinya. Makin bangga jadi urang banjar kaya ini caranya😀

  28. Maret 16, 2011 4:40 am

    Assalamualaikum, bagaimana kabarnya pak, semoga sehat selalu disana. Amin.

    Alhamdulillah, kabar baik. Lama kita tak bersua. Kepingin saja menanyakan kabarmu, walau dengan sms misalnya. Namun saat ganti hp, ternyata no hp mu di phone book ikut terjual…hilang deh datanya 😀

  29. Juli 10, 2011 4:49 pm

    Makasih telah berkunjung ke blogku….
    Duluuu…sebelum pensiun saya sering mendaat tugas ke Banjarmasin….hmm siapa tahu suatu ketika ke sana lagi.

  30. Juli 14, 2011 1:20 am

    Terkait rencana Pemprov yang akan membangun replika keraton banjar di telok selong Martapura kami menyarankan (Tentunya setelah melihat gambar rencana dalam buku saudara cs) hal-hal berikut :
    1. Bentuk Keraton kalau dapat mendekati bentuk asli paling tidak keraton terakhir.
    2. Beberapa bagian dari bangunan agar menggunakan bahan (ulin) yang sudah lama/bekas namun masih bisa digunakan dan tidak terlalu megah, hal ini agar keraton lebih terlihat alami dan dapat membangkitkan/mengikat emosi dan membawa kembali ingatan orang kepada hal-hal masa lalu.

    demikian semoga bermanfaat, terima kasih

    Terima kasih kembali

  31. September 27, 2011 8:34 am

    assalamualaikum….
    silaturahmi, blogger banjar jua🙂

  32. ani permalink
    November 16, 2011 1:46 am

    Syabas…kulaan..

    yup… 🙂

  33. Alias bin Ahmad permalink
    November 23, 2011 6:18 pm

    Assalammualikum…
    Saya Alias.. urang Banjar Kalua,generasi ke empat,tinggal di Tanjong Karang Selangor, ingin mencari kulaan di Banua,moyang saya ngaran nya
    Umpau,datang dari Banjarmasin kemungkinan dalam tahun 1862-1870,saya
    ingin mencari saudara-saudara moyang saya yang ada hubungan dengan arwah disana jika ada mengenali beliau.
    sila hubungi saya:
    email:eyass_ali@yahoo.com
    fb:Ali Eyass
    no tel:60176682956

  34. rivai rahman permalink
    November 27, 2011 9:10 pm

    Assalamu’alaikum Wr Wb, nama aku Rivai Rahman tinngal di Jogja almarhum Abah aku H. Abdurrahman Saad, Almarhumah Simak aku Muflia keturunan I dari Kaik Abdullah (alm) dari suku Banjar. Abah aku asli orang Teluk Selong Martapura Kalsel. terakhir sebelum beliau meninggal tahun 1981, pada tahun 1979 aku dan saudaraku pernah diajak ke kampung halaman TelukSelong. Aku bangga punya Abah seperti beliau.Ya Allah aku mohon ampuni dosa dosa kedua orangtuaku terimalah segala amal dan ibadahnya, tempatkan di SurgaMu Ya Allah. Amin Ya Robbal Alamin.

  35. Desember 13, 2011 6:15 am

    assalamu’alaikuuum . . . ulun umpat bajinguknah . . ulun naya urang aluan kada jauh pada wadah pian bahari , ulun mando’akan haja mudahan pian sihat sihat haja nyman kawa bagawi lawan tarus bakarya . . . assalamu’alaikuuum

    Walaikum salam. Asa himung nah diilangi pian nang sakalinya urang aluan (aluan mati, aluan subarang, aluan basar?) nang sabujurannya sabanua jua ngarannya wan ulun. Himung karena diilangi bloger yang juga seorang pendakwah, yang dengan tulisannya mengajak kepada yang ma’ruf dan mencegah kepada yang munkar. Tulisan di blog pian penuh makna pencerah jiwa. Semoga Allah Swt selalu memberikan kesehatan dan kemudahan kepada pian yang berjuang mengangkat agama Allah. Amin…

  36. Alias bin Ahmad permalink
    Januari 16, 2012 12:51 am

    Sudikah andika membantu mencari bubuhan kulaan di Banjarmasin?

    Ya, saya bersedia membantu. Semoga nanti ditemukan kulaan andika di Banjarmasin…

    • Alias bin Ahmad permalink
      Januari 20, 2012 12:06 am

      Pada pendapat andika apakah maklumat yang perlu saya dapatkan untuk memudahkan urusan saya mencari kulaaan arwah peninian datu(MOYANG)saya di Banjarmasin?

      Maklumat yang terpenting adalah saudara harus menggali dan menyusun riwayat silsilah kulaan arwah paninian/padatuan saudara di Banjarmasin selengkap atau sedetil/serinci mungkin, sebagai bahan untuk mencari kulaan di sini, dan kemudian dipublikasikan…

      • Alias bin Ahmad permalink
        Januari 20, 2012 12:09 am

        Andika hubungi saya ditalian:60176682956

  37. Desember 1, 2012 7:28 am

    heyas . how are you all?. well i love to write and i rele want to get into creative writing and but i have a hard time coming up with ideas on what to write about and was wondering if you knew how i could get over this “writer’s block”?. . thanks so much!!.

    Thank you for visiting my blog. I’m just an amateur writer … okay?

  38. MARIANA permalink
    Desember 26, 2013 5:00 am

    Assalamualaikum…
    silaturahmi pak,saya peserta laseda tahun 2013

    Walaikumsalam…
    Guru pendamping atau siswa? Dari sekolah mana?

    • MARIANA permalink
      Desember 27, 2013 3:05 am

      siswa pak, dari SMK Swadaya Banjarmasin

  39. MARIANA permalink
    Desember 27, 2013 12:48 am

    siswa pak, dari SMK Swadaya Banjarmasin

  40. Januari 5, 2014 6:16 am

    salam kenal jabat erat persaudaraan
    salam dari desa pogog 575 meter DPL lereng gn. lawu wonogiri jawa tengah perbatasan dgn ponorogo

    _/\_

  41. Mei 1, 2014 2:39 am

    Laga malamun handak maulah rumah Banjar di banua urang, sakalinya tatamu blog pian. Duh himung banar. Ulun aslinya urang Barabai jua. Rumah ulun di jalan Murakata di sabarang tarminal hanyar. Wayahini sdh 17 thn bagana di Indramayu. Babini urang Indramayu, bagawi di KUA. Salam papadaan. .

  42. anaklaut permalink
    Mei 20, 2015 6:14 pm

    Tarimakasih dangsanak banyak ilmu nang bermanfaat dari pambacaan tulisan pian.. mudahan mudahan suksus selalu.. dari anaklaut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: